27.2.09

SWASEMBADA BERAS : MILIK SIAPA ?


Di berbagai media massa seiring waktu berjalan menuju hari "H" pemilu legislatif semakin sering terjadi perang iklan, dan saling klaim keberhasilan antar berbagai partai politik; misalnya saling klaim keberhasilan swasembada beras.

Dua partai politik yang cukup berpengaruh sama-sama meng-klaim keberhasilan swasembada beras di Indonesia. Padahal para petani, yang notabene adalah penghasil beras belum tentu dapat menikmati swasembada beras itu sendiri. Bayangkan saja, jika masa panen tiba harga gabah jatuh; sedangkan bila masa tanam pupuk langka di pasaran dan harganya (walaupun pupuk bersubsidi pemerintah) sangat mahal. Jadi, kadang-kadang saya jadi miris; para buruh tani yang merupakan komponen terbesar petani Indonesia, bisa-bisa malah tidak pernah menikmati nasi dari beras yang mereka tanam sendiri... yah, sebuah ironi yang sangat mungkin banyak terjadi di sekitar kita.

Bagi saya iklan swasembada beras kedua partai politik yang cukup berpengaruh ini terasa menyentil hati. Tidak mungkin swasembada beras merupakan hasil kerja kelompok tertentu apalagi satu orang tokoh tertentu, It's impossible!

Kalau bisa saya mengajukan usul mbok yao membuat iklan yang menyejukkan hati, beretika, dan masuk akal; jangan sampai karena iklan jadi kehilangan simpati massa. Sayang kan citra yang telah dibangun bertahun-tahun jadi ternoda karena kurang cermat dalam memilih materi iklan...

Wahai penguasa dan yang pengin jadi penguasa... siapapun dan dari golongan manapun anda, rakyat menunggu untuk membuktikan janji-janji anda. Swasembada beras, beras murah, pupuk mudah dan murah, harga jual gabah stabil... yah, semoga petani Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia dapat terus tersenyum, Amin...

9 Comments:

boykesn said...

swasembada beras hanya mimpi..yang membuat tertidur kembali...
kasihan kita2 ini ya...selalu menjadi sasaran janji-janji yg tak pernah terealisasi...

SILENT of TWILIGHT said...

kakekku petani, ayahku petani, aku pun petani. kami petani sejati sebagaimana tetangga-tetangga kami di dusun. kami tak pernah mengerti apa itu swasembada beras. karena dari hari ke hari kami mesti membeli beras dalam negeri dengan harga yang semakin mahal, lebih mahal dari beras impor. ya, sekali lagi, kami warga masyarakat dalam kenyataannya setiap hari membeli beras yang bahkan oleh banyak warga tak terjangkau harganya!

aku petani! maka aku ingin bertanya, partai politik mana yang merasa pernah turun membantu petani? kalau ada partai politik yang berani mengacungkan tangan mengatakan dirinyalah yang membantu petani, maka dengan gembira aku katakan: ITU PARTAI POLITIK NAN TAK TAHU MALU! PARTAI POLITIK YANG MENJUAL KEBOHONGAN DEMI MERAIH KEKUASAAN!

project said...

sungguh mereka tidak punya malu!! seharusnya mereka sangat malu dan merasa bersalah kepada semua petani beras Indonesia...

Sangat menyedihkan dan menyakitkan hati !!

Dian Wisanggeni said...

SALING MENGAKUI KEBERHASILAN YANG TIDAK BERHASIL BAGAIMANA NASIB RAKYAT KITA...///????

' Li ' said...

Ya gt deh dunia politik hehehehe...

agus suteja said...

Mang Orang politik itu Selalu Begitu, Pas klu ada Kepentingannya Semua Ngaku Pro Rakyat Kecil, tapi Kalau dah Duduk Diatas Sana Pada ngurusi isi Perut sendiri & Korupsee..
Makanya Jgn Percaya Ma Orang2 Politik..
Semuanya Bulsit..

titikpuspa said...

kritik terhadap parpol itu sah...
tapi... at least isu "sembako murah" bisa lumayan dijadikan headline berita di surat kabar, majalah, dan televisi... bahkan blog hehehe...

nah otomatis.... ada berita, ada traffic, ada iklan.... dan ujung-ujungnya ada duit.....


nah, kalo udah begini bukankah semua pihak jd diuntungkan??? parpol senang, advertiser senang, dan blogger-pun SENANG.... hohohoho



mari selamatkan PLANET BUMI....
hentikan pertikaian diantara sesama manusia....


P.E.A.C.E.

top1hit4m said...

Swasembada beras milik yang bicara.
Masyarakt ada yg klaparan aja dibilangin swasembada, kalo di daerah surplus swasembada okay, tapi yg diurus yg bicara apa daerah surplus doang ?. Golongan tertentu doang. Yg miskin tidak, yg minus tidak,
KALO GITU SWASEMBADA "YES" BUAT MEREKA

habbats ramdhan said...

Terima Kasih sudah posting artikel yang bermanfaat. Semoga Sukses dan Silahkan Klik Tautan Dibawah Ini
MaduHabbatussaudaJual Minyak HabbatussaudaMinyak ZaitunProduk HabbatsProduk HerbalObat HerbalHabbatussauda Dosis TinggiHabbats.co.idHabbatsAozora Shop Onlinetoko onlineJual Baju AnakJual Baju BayiJual Baju DewasaJual Sepatu BayiJual Sepatu anak AnakJual Sepatu DewasaJual Perlengkapan BayiJual Perlengkapan Anak AnakJual Perlengkapan DewasaTupperwareTupperware MurahTupperware UpdateTupperware Bandung juaraJual TupperwareKatalog TupperwareJual Online TupperwareTupperware ResepTupperware katalog baruRaja Tupperware BandungCollection TupperwareMadu Anak SuperMadu Anak CerdasJual Madu Anak SuperPusat Jual Madu Anak SuperJual Madu SuperMadu Anak SuperJual Madu AnakToko Madu AnakAgen Madu Anak SuperDistributor Madu Anak Super

© free template 3 columns