8.1.09

ANAK TK DEMO ANTI ISRAEL : PERLUKAH?

(Teriring salam hormat kepada Bapak / Ibu Guru dimanapun berada)

Pulang kantor, basah kuyup habis kehujanan, saya melihat berita tv sore hari, wah... ada yang menarik nich... anak TK di Solo (yang nota bene masih imut banget... 4-5 tahun lho...) melakukan demo anti Israel.... pasti guru-gurunya nich yang punya ide... Di situ diperlihatkan cara mereka berdemo antara lain dengan meniru gaya intifadhah lempar batu, dilengkapi pula dengan tiruan miniatur senjata-senjata yang digunakan dalam perang; dan diakhiri dengan bakar bendera Israel. Sekilas ga ada yang salah dengan demonstrasi yang mereka lakukan itu.... tapi tiba-tiba terlintas pertanyaan dalam benak saya..... apakah semua itu perlu?

Kalau menurut saya, menyampaikan kejadian di Palestina kepada anak-anak yang masih lugu dan suci seperti mereka tidak harus dengan cara itu. Mungkin bisa dengan bercerita atau mendongeng.... suatu kemampuan yang sekarang jarang dimiliki oleh guru-guru TK. Saya kira semangat heroisme dan patriotisme serta kepedulian dan rasa welas asih pada sesama manusia bisa juga disampaikan lewat cerita dan petuah. Akan lebih baik lagi jika anak-anak itu diajak berdo'a untuk para korban yang meninggal, untuk kesembuhan korban yang luka, juga untuk segera berakhirnya perang tersebut.

Lalu, ajaklah mereka untuk membantu dalam bentuk yang nyata, yaitu menyumbang dari uang saku mereka, dari tabungan / celengan mereka, atau dari orangtua mereka. Jika dewasa kelak dengan pola asuh yang welas asih mudah-mudahan mereka akan dapat menyuarakan perbedaan sikap dengan cara yang santun; atau menurut bahasa para pakar di tv : menyuarakan perbedaan dengan cara yang berbudaya. SEMOGA!!!

© free template 3 columns