16.3.09

AWAS... PENIPUAN DALAM BUNGKUS SABUN CUCI....




Wuih..., ternyata soal tipu-menipu dengan berkedok kupon hadiah dalam bungkus sabun cuci masih berkelanjutan juga. Waktu kehabisan sabun cuci saya membeli lagi dengan kemasan ekonomis di warung depan rumah, eh ternyata di dalamnya terdapat kupon berhadiah yang terdiri dari 2 buah kupon (gambar 1); yaitu 1 buah kupon hadiah dan 1 buah kupon pemberitahuan tata cara pengambilan hadiah yang dilengkapi tanda tangan notaris, Depsos, dan Samsat (apa hubungannya ya...)

Yang menarik adalah setelah banyak sosialisasi bahwa pada undian beneran biasanya pajak hadiah ditanggung penyelenggara maka sekarang 'pemenang' diminta transfer uang untuk biaya balik nama.... wah.... pinter juga ya...

Berdasarkan pengamatan saya dan dari cerita -cerita sejenis dari beberapa orang teman maupun baca-baca di berbagai media massa maupun di internet maka mungkin dapat digarisbawahi bahwa :
  • bungkus sabun yang diisi dengan kupon adalah kemasan sedang dan kecil; jadi mungkin si oknum membeli dalam partai besar, mengisinya dengan kupon hadiah, kemudian menjualnya kembali; jadi modalnya relatif kecil, calon mangsanya pun lebih banyak. Mungkin juga dengan pemikiran bahwa pembeli sabun kemasan ekonomis adalah masyarakat menengah ke bawah dengan pendidikan minimum yang mungkin akan lebih mudah tertipu;
  • calon korban diminta mentransfer sejumlah uang dengan alasan untuk pajak hadiah atau bea balik nama;
  • nomor telepon yang dapat dihubungi adalah nomor ponsel/hp baik gsm maupun cdma; bagi yang kurang berpengalaman akan sulit membedakan nomor telepon cdma dengan no telepon biasa.
  • dilengkapi banyak tanda tangan yang kesannya berlebihan; sebagai perbandingan waktu saya mendapat hadiah dari produk susu bayi hanya diminta mengirim no rekening bank saja, tinggal tunggu, dan bereslah sudah...
  • ada juga peringatan yang nganeh-anehi seperti gambar 3 yaitu :"Dimohon untuk tidak menghubungi produsen/sponsor yang tertera pada kupon ini, jangan terlalu disebarluaskan untuk menghindari hal-hal yang merugikan Produsen & Konsumen". Maksudnya apa coba....
Tapi meskipun banyak yang nganeh-nganehi mungkin masih banyak juga masyarakat yang tertipu oleh kupon berhadiah ini; buktinya walaupun modus operandi serupa telah banyak terungkap masih beredar juga kupon berhadiah sejenis seperti yang saya temukan ini. Memang siapa sih yang tidak tergiur.... hari gini dapat hadiah mobil....

Yah, semoga masyarakat kita bisa lebih berhati-hati menyikapi penipuan berkedok kupon berhadiah ini....

8 Comments:

Wendry said...

wiw sekarang penipuan udah kreatif
thx info nya

Dexter said...

iya benar............ayo hati2..... nanti aku sebarin ah ke ibu-ibu di kampungku...

bdh said...

mungkin penggagas model penipuan semacam ini adalah orang yang kreatif tapi tidak punya tempat untuk menyalurkan kreatifitasnya atau bisa jadi memang isi kepalanya cuma kriminal aja :-)

Seti@wan Dirgant@Ra said...

Aku juga sudah tiga kali dapet yang gituan mba...... tapi dapetnya diteras rumah waktu bangun pagi.

H Tito Adithya T said...

wah.... thanks infonya, bermanfaat banget nih.....

dan ada sedikit info juga nih... ada modus baru penipuan nih... ada orang yang ngebuang amplop yang isinya surat2 penting & cek giro bernilai ratusan juta ampe milyaran rupiah, tapi yang tertera di alamat amplopya itu dari jauh di luar jakarta... seakan - akan amplop dokumennya itu jatuh padahal sengaja di buang oleh mereka.... hati - hati kalo menemukan yang seperti ini....

Izka said...

Saya pernah tuh dapet persis seperti di foto itu.. setelah dikonfirmasi ternyata cuma penipuan

si ConTrenG said...

menipu adalah pekerjaan orang Miskin
lebih jelasnya kunjungi gubug reot gw

habbats ramdhan said...

Terima Kasih sudah posting artikel yang bermanfaat. Semoga Sukses dan Silahkan Klik Tautan Dibawah Ini
MaduHabbatussaudaJual Minyak HabbatussaudaMinyak ZaitunProduk HabbatsProduk HerbalObat HerbalHabbatussauda Dosis TinggiHabbats.co.idHabbatsAozora Shop Onlinetoko onlineJual Baju AnakJual Baju BayiJual Baju DewasaJual Sepatu BayiJual Sepatu anak AnakJual Sepatu DewasaJual Perlengkapan BayiJual Perlengkapan Anak AnakJual Perlengkapan DewasaTupperwareTupperware MurahTupperware UpdateTupperware Bandung juaraJual TupperwareKatalog TupperwareJual Online TupperwareTupperware ResepTupperware katalog baruRaja Tupperware BandungCollection TupperwareMadu Anak SuperMadu Anak CerdasJual Madu Anak SuperPusat Jual Madu Anak SuperJual Madu SuperMadu Anak SuperJual Madu AnakToko Madu AnakAgen Madu Anak SuperDistributor Madu Anak Super

© free template 3 columns